Puasa saat Pandemi

Menjalani ibadah puasa di tengah pandemi memang terasa begitu berbeda. Ada banyak hal yang sebaiknya dilakukan dan ada pula yang sebaiknya dihindari demi menjaga kesehatan tubuh. Anda harus bisa menjaga keseimbangan ibadah puasa saat pandemi agar tubuh juga tetap sehat dan terhindar dari infeksi virus yang masih menghantui.

Tip Berpuasa di Situasi Pandemi COVID-19

hindari dehindrasi

Penting untuk diketahui bahwa saat ini pandemi COVID-19 masih terus berlangsung. Tak bisa dipungkiri bahwa kita masih hidup di tengah-tengah persebaran virus Corona. Oleh sebab itu cobalah untuk menerapkan tips berpuasa di tengah pandemi berikut demi menjaga keselamatan diri dan keluarga:

1. Pola Makan Sehat

Tips pertama, terapkan pola makan yang sehat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh Anda. Selama berpuasa, biasanya pola makan jadi berantakan. Padahal tetap menjaga pola makan sehat sangat penting demi meningkatkan kekebalan tubuh. Buatlah jadwal menu makan yang teratur dengan komposisi nutrisi lengkap.

2. Istirahat yang Cukup

Pastikan Anda mendapat waktu istirahat yang mencukupi. Seringkali saat berpuasa tubuh tidak bisa cukup tidur dan akhirnya jadi kelelahan. Jika tubuh mendapat waktu istirahat yang cukup maka sistem imun juga akan jadi lebih kuat dan membuat Anda lebih sehat.

3. Jangan Sampai Dehidrasi

Salah satu masalah yang sering terjadi ketika berpuasa adalah kekurangan cairan tubuh. Pastikan tubuh Anda tidak sampai mengalami kondisi tersebut. Minumlah cukup cairan setiap hari di antara waktu berbuka dan sahur supaya terhindar dari dehidrasi.

4. Kelola Stres

Pengaruh stres juga bisa menyebabkan imun tubuh Anda menurun. Pastikan untuk mengelola stres sebaik mungkin, terutama jika ada banyak faktor yang berpengaruh pada kondisi mental Anda. Lakukan hal-hal yang Anda sukai dan hindari hal-hal yang membuat Anda stres.

5. Jaga Protokol Kesehatan

Usahakan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Ini juga sangat penting untuk dilakukan. Pakailah masker kemanapun bepergian dan usahakan selalu rutin mencuci tangan. Lebih baik konsumsi makanan buatan rumah daripada harus membeli di luar.

Menjalani ibadah puasa saat pandemi mungkin tak mudah. Namun Anda tak perlu cemas berlebihan. Tetap jalankan protokol kesehatan dan terapkan pola hidup sehat agar tubuh tidak mudah terinfeksi virus Corona.

#BPNRamadan2022
Karunia Sylviany Sambas
Karunia Sylviany Sambas Saya adalah seorang tenaga kesehatan yang suka menulis, membaca dan mempelajari hal-hal baru. Alamat surel: karuniasylvianysambas@gmail.com

Posting Komentar untuk " Puasa saat Pandemi"