4 Tip Persiapan Puasa Hari Pertama yang Perlu Dilakukan

Bulan Ramadhan telah tiba, sudah saatnya semua umat muslim menjalankan kewajibannya untuk melakukan puasa. Umumnya, puasa hari pertama terasa berat untuk dilalui karena sudah terbiasa dengan pola makan dan tidur.

Ketika Anda mulai berpuasa, maka perlu bangun lebih awal dan menahan lapar sampai sore hari. Kondisi ini tentunya akan membuat tubuh mudah lemas, karena masih memerlukan penyesuaian.

Tip Persiapan Puasa Hari Pertama

menu sahur dan berbuka puasa

Pada hari pertama puasa, tentunya Anda ingin menjalankan ibadah puasa secara khusyuk. Namun, hal ini harus didukung dengan mental dan fisik yang sehat.

Jika tidak puasa, maka akan terasa lebih berat karena sulit menahan godaan. Dalam mencegah hal tersebut, maka sudah merangkum beberapa tips puasa hari pertama yang dapat diikuti.

1. Istirahat yang Cukup

Pada puasa pertama, Anda harus bangun lebih awal untuk menyantap sahur. Tentunya, hal ini membuat Anda menjadi kurang tidur dan mengantuk di siang harinya. Oleh karena itu itu, mulailah untuk mengatur jam tidur agar mendapatkan istirahat yang cukup.

2. Perhatikan Menu Sahur dan Berbuka

Biasanya saat berpuasa, tubuh menjadi kekurangan asupan energi dari makanan dan minuman. Oleh dari itu, Anda perlu menyantap makanan yang sehat dan bergizi agar selalu tampak kuat dan semangat dalam menjalani puasa.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Tidak bisa dipungkiri bahwa tubuh manusia memang membutuhkan air. Kekurangan cairan tidak hanya menyebabkan dapat dehidrasi, namun akan mengganggu metabolisme serta kinerja tubuh. Oleh sebab itu, Anda harus memenuhi kebutuhan cairan dengan minum 8 gelas air putih setiap harinya.

4. Ibadah Tepat Waktu

Kunci dari puasa merupakan belajar bersabar dan mengumpulkan banyak pahala. Agar Anda lebih kuat dalam menjalaninya, maka jangan pernah lupa untuk beribadah tepat waktu. Mulai dari shalat subuh sampai sholat isya harus dilakukan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Semoga puasa hari pertama lancar, jangan lupa untuk terus melakukan ibadah. Perbanyaklah pahala agar tidak sia-sia puasanya dengan ibadah tepat waktu.

#BPNRamadan2022
Karunia Sylviany Sambas
Karunia Sylviany Sambas Saya adalah seorang tenaga kesehatan yang suka menulis, membaca dan mempelajari hal-hal baru. Alamat surel: karuniasylvianysambas@gmail.com Selain di sini, saya juga menulis di Rekam Jejak Sang Pemimpi, Ketika Jejakku Menginspirasimu, Berlayar & Menambatkan Impian, Meniti Jembatan Impian, Jejak Inspirasi Sylviany, Cakrawala Baca Sylvia

Posting Komentar untuk " 4 Tip Persiapan Puasa Hari Pertama yang Perlu Dilakukan"