Cara Menjadi Blogger Pemula

Data di internet mengungkapkan bahwa semakin banyak orang yang terjun ke dunia blogger. Ya, karena membuat blog cukup mudah, apalagi dengan platfom blogspot. Cukup 5 menit saja blog sudah jadi. Menjaga semangat ngeblog itu yang masih menjadi PR bersama, pun bagi saya.

Setelah blog jadi, saatnya untuk mengisi konten yang dapat memberikan manfaat bagi pembaca. Apakah bisa dilakukan secara otodidak? Mungkin bisa bagi sebagian orang, tetapi ternyata tidak bagi saya. Oleh sebab itu, saya memerlukan cara menjadi blogger pemula. Cara-cara tersebut membuat saya mampu bertahan sampai detik ini di dunia ngeblog. Apa saja itu?

Cara Menjadi Blogger Pemula
Sophieja23/Canva Pro

Komunitas

Di awal ngeblog saya sangat membutuhkan komunitas.Oleh sebab itu ketika ada rekrutmen sebuah komunitas kepenulisan, saya memilih untuk memulai berkarya melalui platform blog, meskipun saat itu ada pilihan di facebook dan instagram

Siapa sangka melalui komunitas itu saya punya nyali untuk kemudian menyewa domain TLD lalu mempelajari pernak-pernih blog yang ternyata luar biasa. Seorang blogger nggak hanya harus bisa menulis, tetapi juga otak-atik html blog, edit tema blog yang kurang SEO friendly, hingga berjejaring sosial dengan silaturahmi ke blog sesama blogger.


Kelas Blog

Kelas blog gratis dan berbayar jelas berbeda. Saat ikutan kelas blog versi gratis, saya kurang leluasa untuk tanya ini itu, apalagi secara detail. Tahu diri kalau aktivitas para blogger pasti padat. Dengan ikutan kelas ngeblog, maka kita akan lebih leluasa menanyakan segala hal terkait materi kelas. Apalagi di beberapa kelas juga akan diberikan diskon untuk kelas berikutnya. Kelas ngeblog ini tak cukup 1 tingkat, ada tingkat lanjutan. Dengan terdaftar sebagai alumnus, maka berkesempatan ikutan kelas berikutnya dengan biaya lebih terjangkau.


Grup Diskusi

Dalam beberapa hal, kita tak bisa mungkir perlu informasi lebih lanjut. Bergabung dengan grup diskusi membuat pengetahuan kita terhadap blog akan lebih kaya. Menurut satu mentor belum tentu sama dengan mentor lain. Sebagai seorang blogger pemula, sangat perlu untuk comot ilmu sana-sini lalu terapkan yang terbaik di blog sendiri.


Nah, demikian cara menjadi blogger pemula ala saya. Sederhana, ya, tetapi dampaknya sungguh sangat luar biasa. Ngeblog dari 2013 hingga sekarang dan banyak jejak yang ingin saya ukir di tahun-tahun mendatang. Itu artinya ngeblog bikin candu, ya!

Karunia Sylviany Sambas
Karunia Sylviany Sambas Saya adalah seorang tenaga kesehatan yang suka menulis, membaca dan mempelajari hal-hal baru. Alamat surel: karuniasylvianysambas@gmail.com

Posting Komentar untuk "Cara Menjadi Blogger Pemula"