Pengalaman Ikutan TBI Creative Writing English Short Course

Saat duduk di bangku sekolah, pelajaran bahasa Inggris termasuk salah satu pelajaran yang ada kalanya saya senangi dan ada kalanya pula terkesan mengerikan. Ini semua disebabkan karena materinya disampaikan dengan cara menyenangkan atau sebaliknya. Itu artinya bagi saya pengajar memiliki peranan penting dalam mengajar. Bagaimana dengan sobat?

Lama waktu berjalan mengantarkan saya pada satu cita ingin kuliah jenjang magister. Ternyata setelah mencari banyak informasi, kemampuan berbahasa Inggris menjadi satu yang dipertimbangkan dalam kuliah di jenjang pascasarjana ini.

Saya sudah lama meninggalkan bangku sekolah. Saat kuliah D-III hingga D-IV Kebidanan pun, mata kuliah tentang bahasa Inggris tak banyak mendapatkan porsi. Selanjutnya, saya banyak terpapar dengan teknlogi dalam mengartikan kosa kata bahasa Inggris. Hal ini membuat kemampuan saya terkait hal ini sudah sangat jarang dieksplor.

Beruntung, pada 03 - 05 Juni 2024 lalu setiap pukul 10.00 - 12.00 WIB, saya bisa kembali berada di lingkungan bahasa asing ini secara daring. Saya dan sembilan teman lain mengikuti TBI Creative Writing English Short Course kerjasama Komunitas ISB dan TBI Bandung.

Saya lupa tepatnya kapan dalam tahun ini, Teh Ani Berta, selaku founder Komunitas ISB menginformasikan tentang adanya kursus daring ini. Yang saya ketahui, setiap bulan sejak hari itu, akan ada sepuluh peserta yang mengikuti kursus. Sayangnya, di bulan-bulan berlalu saya tidak menemukan jadwal yang tepat.

Nah, di akhir Mei kemarin, Teh Ani mengumumkan jadwal untuk Juni. Saat saya cek jadwal dinas, alhamdulillah saya punya kesempatan. Ya, tanggal 03- 04 saya dapat jatah dinas malam, saya bisa belajar di pagi hari. Di tanggal 05 saya sudah libur.

Namun saya lupa mengukur kemampuan diri. Tubuh dan pikiran yang lelah sehabis dinas, menjadikan saya agak kurang fokus belajar. Namun dasar saya yang senang belajar hal baru, saya tetap bertahan. Apalagi terdapat kendala terkait suara pada perangkat yang saya gunakan. Nano-nano rasa belajar selama tiga hari itu.

Namun kembali pada pembukaan certa saya tadi, pengajar yang menyampaikan materi dengan cara menyenangkan membuat kata dan kalimat bahasa Inggris yang disampaikan bisa diterima dengan cara menyenangkan juga.

Meski awal masuk ruang zoom saya sempat kikuk sebab lama tak berbicara dalam bahasa asing ini, chat Teh Ani di grup WA cukup menenangkan. Beliau bilang percaya diri saja saat berinteraksi karena kita semua sedang belajar. Jangan takut salah, ya!

Selama tiga hari belajar kami diajar dengan bantuan street food, mengenal negara dunia, hingga festival musik sebagai pengantar pembahasan. Duh, pagi-pgi sudah lapar mata, diajak jalan-jalan hingga nonton festivasl musik, deh, jadinya.

Saya yang dahulu sempat bingung mencari kursus daring menyenangkan sebagai salah satu pendukung cita-cita meraih gelar magister seolah mendapatkan oase yang mengembalikan ingatan pada impian.

Mengenal TBI (The British Institute)


kursus singkat bahasa inggris

Institusi pendidikan yang fokus kepada pembelajaran atau pelatihan bahasa Inggris ini didirikan pada 18 Februari 1984.

TBI yang didukung oleh UTC (UniSadhuGuna Testing Centre) adalah satu-satunya institusi pelatihan bahasa Inggris di Indonesia yang memiliki lisensi dari Cambridge University Press and Assessment, untuk menjalankan kursus pelatihan CELTA (Certificates in Teaching English to Speakers of Other Languages).

Metode Pengajaran TBI

Institusi pelatihan bahasa Inggris ini menerapkan metode pengajaran eklektik (eclectic approach). TBI menitikberatkan pelajaran di kelas pada kebutuhan siswa (student-centered learning), yang relevan dan praktikal.

Untuk urusan tenaga pengajar TBI memiliki tenaga pengajar baik asing (native) maupun lokal (non-native) yang berpengalaman dan berstandar kualifikasi internasional. Pantas saja kesan saya selama tiga hari belajar kursus singkat semenyenangkan ini. Ternyata ini rahasia pengajar di TBI.

Alasan Mengapa Harus Kursus Bahasa Inggris di TBI Bandung


belajar online bahasa inggris

1. Berkualitas

Sebagaimana TBI yang lain, kualitas TBI Bandung tidak perlu diragukan lagi dari segi metode pengajaran, atmosfer kelas, tenaga pendidik, kurikulum, serta modul atau panduan yang digunakan.

2. Sistem pembelajaran beragam

• Offline learning
• Online learning

Peserta kursus bahasa Inggris TBI juga bisa belajar di mana saja dan dari mana saja. Hal ini dikarenakan TBI memiliki kelas yang dapat diakses secara daring dan aplikatif.

3. Lokasi strategis

TBI Bandung berada di lokasi strategis yang sangat dekat dengan pusat perbelanjaan, perkantoran, tempat makan, sekolah, dan sebagainya.

4. Jadwal kelas variatif

Jadwal belajar peserta kursus bahasa Inggris TBI Bandung sangat variatif. Peserta dapat memilih sesuai kebutuhan, dari Senin hingga Sabtu mulai pukul 09.00 – 20.30 WIB.

5. Trial Class

Untuk calon peserta kelas Children(usia 4-9 Tahun), Pre-Teen (10-11 Tahun) dapat mencoba kelas terlebih dahulu sebelum join class apakah kelasnya sesuai dengan level dan bisa mengikutinya.

6. Biaya kursus bahasa Inggris terjangkau

Biaya yang terjangkau jadi nilai tambah tersendiri. Apalagi setiap bulannya selalu ada promo program kursus. Khusus untuk bulan Juni ini, dari tanggal 6-12 Juni 2024 TBI Bandung menawarkan diskon sebesar 16% untuk program Preschooler, Very Young Learners, Children, Pre-teenager, dan Teenager. Untuk Info diskon sendiri akan dishare via sosial media TBI Bandung dan Whatsapp di 081314915970

7. Program kursus sesuai tingkat kemampuan & kebutuhan

Selain kelas untuk publik yang mencakup anak-anak hingga remaja, TBI Bandung juga memfasilitasi kebutuhan perusahaan maupun institusi untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris karyawan melalui program pelatihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan industri perusahaan bersama dengan tutor bersertifikasi internasional. Dengan demikian, karyawan perusahaan akan lebih banyak peluang untuk promosi jabatan dan juga pengembangan karir ke arah manajerial atau peran internasional.

Program-program TBI

Core Programmes
• Young Learner English
• Pre - Teenager English
• Teenager English
• Global English
• Academic English (IELTS, TOEFL & TOEIC Preparation)
• Professional English
• Corporate Training

Customised Programmes
• Workshop for Professionals
• Private Classes
• International Exam Prediction Test
• Short Course

Powered by UTC
• ICAS
• Teacher Training
• CELTA
• Official English Proficiency Test (Cambridge English Qualifications, TOEFL ITP, IELTS at schools)
• Digital Learning

TBI Holiday English Programme Eco Trip 3-4 Juli 2024

Liburan sekolah akan segera tiba, kan, ya. Yuk, daftarkan anak-anak di program liburan tahunan yang dirancang untuk anak-anak umur 6-12 tahun ini.

TBI Holiday English Programme Eco Trip 3-4 Juli 2024 menawarkan berbagai kegiatan seru yang menggabungkan pengalaman belajar imersif dan interaktif.

Pada program seru ini sang buah hati diberi kesempatan untuk menjelajahi alam, ikut serta dalam aksi ramah lingkungan seperti daur ulang, menghemat energi, dan lainnya.

Perubahan kecil dapat memberikan dampak besar pada lingkungan sambil meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris mereka dalam suasana yang penuh petualangan dan edukatif.

Interaksi saat belajar bahasa Inggris dapat secara efektif meningkatkan aktivitas kognitif anak-anak.

Jangan terlewat untuk mendaftar sekarang di link berikut link.tree/TBIHEPBDG2024.

Info lebih lanjut:

TBI Bandung
P: +62 81314915970
E: info.bandung@tbi.co.id
Website : www.tbi.co.id
YouTube : The British Institute
Instagram : @tbibandung
Facebook : TBI Bandung

“Cari lingkungan yang dapat mendorong kita untuk berekspresi dalam bahasa Inggris, baik dengan native speaker maupun dengan orang-orang sekitar yang memiliki keinginan yang sama untuk dapat menguasai bahasa Inggris secara maksimal.” (Diah Pratiwi Soehendro, Marketing Communication Manager TBI)

Posting Komentar