Manfaat Kurma saat Puasa

Kurma menjadi salah satu jenis buah yang sangat populer dikonsumsi di bulan Ramadan. Selain rasanya enak, ternyata ada banyak manfaat kurma saat puasa. Tak heran jika jenis buah yang satu ini memang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat sahur maupun berbuka.

Manfaat Konsumsi Kurma

Manfaat Kurma saat Puasa

Mengonsumsi buah kurma bisa memberikan manfaat bagus untuk tubuh. Seperti diketahui bahwa tubuh harus mengonsumsi berbagai jenis makanan kaya manfaat agar tetap sehat selama berpuasa. Berikut ini adalah beberapa manfaat kurma yang dapat diberikan:

1. Mencukupi Kebutuhan Kalori

Kurma bisa menjadi salah satu sumber kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Saat berpuasa, tubuh membutuhkan asupan kalori yang memadai. Salah satunya bisa berasal dari kurma yang ternyata kadar kalorinya cukup tinggi sehingga mampu memenuhi kebutuhan energi setiap hari.

2. Menjaga Keseimbangan Elektrolit

Manfaat berikutnya, kurma juga bisa membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Saat berpuasa, kadar elektrolit dalam tubuh bisa jadi tidak seimbang. Kandungan potasium dalam kurma bisa membantu mengembalikan keseimbangan elektrolit tersebut secara efektif.

3. Mencegah Inflamasi

Kurma diketahui mengandung polifenol dalam kadar yang cukup tinggi. Zat tersebut bisa membantu mencegah terjadinya inflamasi atau peradangan. Saat berpuasa, tubuh dapat kekurangan cairan tubuh dan hal ini mungkin saja memicu terjadinya inflamasi.

4. Mencegah Anemia

Salah satu gangguan kesehatan yang mungkin terjadi saat berpuasa adalah anemia. Hal ini biasanya dipicu kekurangan asupan zat besi pada tubuh. Kurma merupakan salah satu jenis buah yang mengandung zat besi sehingga bisa meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh.

5. Memperlancar Pencernaan

Banyak orang mengalami masalah pencernaan saat berpuasa karena konsumsi makanan yang rendah serat. Buah kurma ternyata memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Oleh sebab itu kurma diketahui efektif untuk memperlancar pencernaan serta mencegah terjadinya konstipasi atau sulit BAB.

Rasakan sendiri seperti apa manfaat kurma saat puasa dengan mengonsumsinya secara rutin. Pastikan untuk memilih jenis kurma yang tepat dan perhatikan kadar gulanya. Lebih disarankan untuk memilih jenis buah kurma muda dengan kualitas bagus untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

#BPNRamadan2022
Karunia Sylviany Sambas
Karunia Sylviany Sambas Saya adalah seorang tenaga kesehatan yang suka menulis, membaca dan mempelajari hal-hal baru. Alamat surel: karuniasylvianysambas@gmail.com

Posting Komentar untuk "Manfaat Kurma saat Puasa"