3 Hobi yang Ternyata Menghasilkan Cuan

Assalamu'alaikum, Sobat Jejak.

Setelah minggu yang luar biasa beberapa waktu yang lalu, jemari ini sudah ingin sekali menari di BPN 30 DAY RAMADAN CHALLENGE 2022. Syukurlah, masih ada waktu, tapi ya, pastinya akan ngebut untuk mengejar setoran 1-16 April lalu. Bisa, nggak, ya? Bismillah, dicoba dan dijalani saja.

Tema pada 17 April 2022 ini adalah Ceritakan Tentang Hobimu. Yeay, hobi saya ada banyak dan rupa-rupa. Namun dalam kesempatan ini saya akan membagikan hobi menghasilkan uang ala Ketika Jejakku Menginspirasimu, ya.

Hobi Hasilkan Cuan

Apa sajakah itu? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

hobi hasilkan cuan

Hobi Menulis

Sebagai seorang blogger, hobi ini mesti banget saya tuliskan di awal ya, kan? Menulis apa saja? Kalau saya diawali dengan menulis dan mengirim naskah ke media, selanjutnya berkenalan dengan dunia tulis-menulis di blog dan berlanjut dengan menulis buku antologi, duet, hingga solo.

Bagaimana hobi menulis pada akhirnya bisa menghasilkan cuan?

Iya, dong. Menulis dan mengirim naskah ke media akan mendapatkan kompensasi berupa honor untuk setiap tulisan yang dimuat. Apakah semua tulisan yang dikirim pasti dimuat? Tentunya tidak ada kata pasti, di sini kita adalah seorang pejuang media. Kalau kata para penulis senior, tulis, kirim dan lupakan. Tahu-tahu nanti ada berita baik tentang pemuatan naskah! 

Berapa cuan yang dihasilkan dari kirim naskah ke media? Hm, bervariasi, ya. Menurut pengalaman saya pribadi berkisar Rp25.000 sampai Rp250.000. Nominal ini bervariasi sesuai dengan rubrik dan media yang dituju. Tentunya ada kebijakan juga yang bisa jadi berubah. 

Hobi Mendesain

Dari hobi mendesain ini langkah saya sebagai Penanggung Jawab (PJ) di salah satu komunitas menulis menjadi lebih mantap. Karena jika ada kelas atau rekrutmen antologi yang diadakan, saya akan menjadi sangat antusias membuat desain yang terbaik. 

Cuan dari mendesain ala saya nggak spesifik, ya. Karena ini berhubungan dengan jabatan sebagai PJ. Besaran cuan yang saya dapatkan dari aktivitas sebagai PJ berkisar Rp100.000 sampai Rp800.000. Ini hasil kumulatif dari beberapa kelas atau beberapa event antologi, ya. 

Hobi Mencoba Hal Baru 

Menjadi mentor kelas blog dasar adalah hal baru yang ternyata begitu membuat saya bahagia. Saya bisa mendapatkan banyak lingkaran baru sejak memutuskan membeli domain TLD dan aktif mengisi konten yang Insyaallah bermanfaat bagi pengunjung. 

Mengapa begitu percaya diri menjadi mentor? Bagi saya, selama ada niat untuk berbagi dan tentu saja diiringi dengan semangat tak jemu mencoba hal baru, niscaya akan selalu ada jalan menuju pintu kesuksesan.

Alhamdulillah, testimoni alumnus kelas blog dasar batch 1 yang sudah mulai berdaya dengan blognya sungguh luar biasa. Beliau mengucapkan terima kasih tak terkira untuk sharing ilmu di kelas blog dasar. 

Kesimpulan

Hobi yang menghasilkan cuan bisa dimulai tanpa perlu banyak alasan. Seseorang hanya perlu menemukan pemicu sehingga ia bisa menyalakan semangat yang masih lindap.

Apakah hobi hanya melulu untuk cuan? Sementara hakikat hobi adalah kesenangan? Baiklah, kedua pendapat ini tak ada yang lebih dominan menurut saya. Ketika sobat bisa mengerjakan sesuatu dengan penuh kesenangan ditambah mendapatkan cuan yang lumayan, apakah itu bukan sesuatu yang harus disyukuri?

Melalui perantara tulisan dengan tema Ceritakan Tentang Hobimu saya ingin membagikan sebuah jejak yang saya coba ukir dalam hidup ini. Bahwa kerja dan hobi itu saya upayakan berjalan bersama, bergandengan erat. Hingga tanpa sadar tercipta kehangatan yang saling menguatkan di antara keduanya. 
Karunia Sylviany Sambas
Karunia Sylviany Sambas Saya adalah seorang tenaga kesehatan yang suka menulis, membaca dan mempelajari hal-hal baru. Alamat surel: karuniasylvianysambas@gmail.com

Posting Komentar untuk "3 Hobi yang Ternyata Menghasilkan Cuan"