Alasan Kenapa Ngeblog yang Tak Pernah Usang

Semakin jauh menjejaki dunia blogging, ternyata semakin menyadari bahwa dunia ini memang rupa-rupa warnanya. Jika alasan kenapa ngeblog tempo hari, seperti yang pernah saya utarakan di blog Rekam Jejak Sang Pemimpi, kali ini saya akan bikin turunan dari alasan tersebut.

Jika dahulu ngeblog yang saya bayangkan ‘hanya’ menulis dan berharap tulisan tersebut terbaca oleh banyak orang, ternyata itu tak sepenuhnya benar. Ada cara-cara khusus yang harus dilakukan untuk membantu postingan tersebut lebih bermanfaat.

Alasan Kenapa Ngeblog di Beberapa Blog

Alasan Kenapa Ngeblog

Alasan mengambil jalan blogging sebagai media pelampiasan hobi mungkin sudah beberapa kali saya utarakan di tulisan blog. Jadi, kali ini saya akan memberikan alasan kenapa ngeblog di beberapa blog, ya. Alhamdulillah ketika tulisan ini dihadirkan, blog Rekam Jejak Sang Pemimpi sudah punya tiga adik yang mulai menapaki jalan blogging.

1. Postingan Blog Lebih Teratur

Ibarat laci-laci. Maka postingan blog saya harap bisa diatur sedemikian rupa sesuai nadanya. Karena saya suka menulis tema kesehatan dan teknologi, maka saya akan menuliskannya di blog Rekam Jejak Sang Pemimpi. Jika menulis tentang dunia blogging, saya akan menghadirkannya di blog Ketika Jejakku Menginspirasimu. Dua blog lagi sedang dalam tahap pertumbuhan konten. Untuk saat ini tulisan spesifiknya belum begitu terlihat.

2. Lebih Bijak Mengatur Waktu

Saya tipikal orang yang suka ‘dipaksa’ dan sering menjadi bisa dalam situasi ‘terpaksa’. Menulis di beberapa blog menjadikan saya harus lebih bisa dalam mengatur waktu. Kapan jadwal untuk menulis di blog ini, kapan harus otak-otik blog, kapan pula harus terlibat blogwalking, support pageview, dan lainnya.

3. Menjaga Agar Tak Terlupa

Saya sering terlibat satu hal baru dalam hidup. Entah itu pengalaman, cara melakukan sesuatu, atau ilmu yang saya temukan saat searching di laman mesin pencari. Dengan menuliskan hal-hal sederhana di dalam blog, saya berkesempatan memanggil ingatan tersebut kapan waktu dengan hanya mengetikkan keyword singkat yang melekat dalam ingatan.

4. Portofolio

Beberapa waktu lalu, saya mengajukan diri menjadi mentor kelas blog dasar. Alhamdulillah, ajuan saya diterima. Tentu ada hal yang membuat sang founder berkenan memilih saya mengampu kelas beliau. Ya, alhamdulillah karena portofolio yang saya bangun melalui beberapa blog.

5. Tantangan Menulis

Saat ini, entah komunitas menulis, penerbit atau orang pribadi kadang membuat tantangan menulis. Hadiahnya bisa jadi sederhana. Tapi hal ini selalu menjadi tantangan istimewa buat saya. Mampukah saya menaklukkan tantangan tersebut. Tantangan yang diberikan bebas ditulis di platform apa saja. Sebagai seorang yang sedang gandrung menulis di beberapa blog, saya memilih blog, dong. Jika menang, itu adalah bonus. Utamanya, saya sedang ‘memaksa’ diri untuk mau bertumbuh.

6. Sarana Belajar

Ilmu blogging itu luas sekali ternyata. Seperti yang saya berikan di pembukaan tadi. Ada cara-cara khusus yang harus dilakukan untuk membantu postingan lebih bermanfaat, yakni dengan teknik SEO. Sarana promosi secara gratis ini bisa dioptimalkan di artikel yang di posting di platform blogger dan wordpress.

Beda platform, tentu beda cara. Dengan menulis di beberapa blog yang punya latar belakang blogger dan wordpress akan sangat membantu saya dalam belajar hal-hal terkait blogging.

7. Raup Cuan

Poin terakhir di postingan ini adalah meraup cuan. Dalam beberapa kesempatan, blogger akan terlibat job atau campaign. Jika dengan satu blog bisa menghasilkan sekian rupiah, bagaimana jika seseorang punya beberapa blog?

Itu dia 7 alasan kenapa ngeblog di beberapa blog ala Ketika Jejakku Menginspirasimu. Bagaimana dengan sobat jejak? Yuk, bagikan alasan kenapa ngeblog ala sobat di kolom komentar!
Karunia Sylviany Sambas
Karunia Sylviany Sambas Saya adalah seorang tenaga kesehatan yang suka menulis, membaca dan mempelajari hal-hal baru. Alamat surel: karuniasylvianysambas@gmail.com

1 komentar untuk "Alasan Kenapa Ngeblog yang Tak Pernah Usang"

Comment Author Avatar
Penyemangat selalu buat blogger cupu macam saya. Semoga selalu istiqomah belajar dan tumbuh dengan blogging. Hugs