9 Tips Agar Blog Menarik di Mata Pengunjung

Menurut informasi dari salah seorang blogger senior dalam sebuah sesi seminar diketahui pertambahan blogger cukup pesat. Imbas dari pandemi memungkinkan hal ini terjadi. Selain waktu yang lebih banyak di rumah, banyak peluang hobi hasilkan cuan yang ternyata bisa terhubung dengan memiliki sebuah blog.

Cara Membuat Blog yang Menarik

Cara Membuat Blog yang Menarik

Lantas timbul pertanyaan bagi seorang yang sudah tahu cara membuat blog di blogger. Bagaimana cara membuat blog yang menarik? Berikut saya paparkan berdasarkan pengalaman saya di beberapa waktu terdahulu.

Template blog


Sangat penting untuk menentukan template blog sejak awal. Karena template ini akan berpengaruh pada ‘kode-kode bikin pusing’ tetapi sangat bisa membantu performa blog. Pilihlah yang SEO friendly. Caranya, banyak penyedia template bagus, mulai gratisan hingga berbayar.

Gunakan warna yang menyamankan mata


Jangan gunakan terlalu banyak warna! Cukup hidup kita aja yang banyak warna, ya. Kalau blog terlalu banyak warna, apalagi mencolok, siap-siap aja ditinggalkan pembaca. Saya pernah menemukan blog dengan tulisan berwarna biru dan highlight orens terang. Bisa sobat bayangkan bagaimana sulitnya membaca tulisan itu?

Buat tab menu unggulan


Saya menyebut bagian ini dengan branding. Sobat mau dikenal sebagai blogger apakah? Nah, di tab-tab menu ini, bolehlah umbar kenarsisan. Khusus di blog ini saya ingin membagikan ulasan tentang inspirasi dan teknologi. Khusus teknologi tentang blogging. Jadi, hanya ada dua sub menu tersebut di menu topik bacaan.

Jangan lupakan tab tentang saya


Setiap menemukan blog atau website baru, saya akan menuju tentang saya. Saya merasa perlu mengetahui latar belakang di empunya blog. Dengan demikian saya ‘merasa dekat’ dengan tulisannya. Jika blog atau website tersebut tidak mencantumkan tab tentang saya, seolah saya merasa asing.

Widget sesuai tempat


Boleh pilih sebelah kanan atau kiri untuk penempatan widget. Saya pribadi memilih sisi kanan dengan alasan kenyamanan. Untuk memudahkan pemantauan terhadap artikel yang menjadi favorit, bagian widget postingan terpopuler bisa ditambahkan. Ini juga bermanfaat untuk meningkatkan daya engagement pengunjung blog. Klik tambahkan widget yang ada di dasbor tata letak, lalu tampilkan yang sesuai kebutuhan. Jangan terlalu ramai juga, ya.

Gunakan gambar penunjang dengan latar belakang bernuansa senada tema blog


Jangan sering gonta-ganti warna tema blog, karena ini termasuk bagian branding. Jika sobat akan menambahkan gambar, usahakan juga latar belakang gambar tersebut memiliki warna senada dengan tema. Yakin, bikin nyaman mata pengunjung, deh.

Cantumkan alamat email, formulir kontak blogger atau akun media sosial


Rezeki bisa datang dari arah tak terduga. Lewat kontak yang jelas, bisa saja sobat mendapatkan job, tawaran kerjasama atau penjelasan yang belum ditemukan pembaca dalam artikel yang sobat posting.

Perbaharui artikel untuk dulang kepercayaan


Saat berada di laman pencari, saya lebih suka mengklik postingan yang ditampilkan tanggal penulisan. Hal ini menunjukkan bahwa di tulisan tersebut masih relevan atau tidak dengan teknologi yang semakin berkembang ini. Saya sendiri memperbaharui artikel blog dengan menambahkan catatan terhadap penambahan sana-sini yang saya lakukan.

Lakukan site audit secara berkala


Istilah site audit ini saya dapatkan ketika bergabung dengan kelas Coach Irwin beberapa waktu yang lalu. Awalnya pakai aplikasi Moz dan terakhir pakai Screaming Frog. Melalui kedua tools berbeda cara, tetapi punya visi dan misi hampir sama, sobat akan sangat terbantu untuk mengecek kesehatan blog. Semisal ada link artikel yang ternyata sudah tidak bisa diakses pengunjung.

Cara membuat blog yang menarik memang rupa-rupa. Saya sendiri pun masih terus belajar dan kombinasi ilmu sana-sini. Apakah sobat sudah pernah coba tip di atas? Atau punya tip lain yang lebih ampuh? Boleh, dong, bagikan di kolom komentar! Saya tunggu, ya!
Karunia Sylviany Sambas
Karunia Sylviany Sambas Saya adalah seorang tenaga kesehatan yang suka menulis, membaca dan mempelajari hal-hal baru. Alamat surel: karuniasylvianysambas@gmail.com Selain di sini, saya juga menulis di Ketika Jejakku Menginspirasimu

Posting Komentar untuk "9 Tips Agar Blog Menarik di Mata Pengunjung"