5 Kegiatan Bermanfaat saat Bulan Puasa

Berpuasa bukan alasan untuk menghentikan aktivitas dan bermalas-malasan. Selama berpuasa, sebaiknya Anda juga tetap aktif melakukan kegiatan. Kali ini akan dibagikan 5 kegiatan bermanfaat saat bulan puasa yang bisa menjaga tubuh dan pikiran Anda tetap sehat.

Kegiatan saat Ramadan

mengikuti kajian

Sebenarnya ada banyak jenis hal yang bisa kita lakukan selama bulan Ramadan. Jangan hanya menghabiskan waktu di rumah dengan bermalas-malasan untuk menghemat energi. Berikut adalah 5 jenis kegiatan bermanfaat yang bisa dijalankan selama bulan puasa.

1. Mengikuti Kajian

Di bulan puasa yang penuh berkah, Anda bisa mengikuti aktivitas kajian yang biasanya diadakan di masjid-masjid. Anda juga bisa bergabung dengan komunitas atau kelompok kajian tertentu. Bergabung dalam kegiatan seperti ini bisa menambah ilmu agama Anda dan membuat iman semakin kuat.

2. Tadarus Alquran

Kegiatan berikutnya yang juga bisa dilakukan di bulan puasa adalah tadarus Alquran. Anda bisa melakukan kegiatan ini di rumah maupun di masjid. Tadarus Alquran juga bisa menjadi sumber pahala bagi Anda di bulan Ramadan. Cobalah untuk membuat jadwal dan target tertentu agar semakin bersemangat.

3. Membersihkan Rumah

Tak ada salahnya untuk mulai bersih-bersih rumah selama bulan Ramadan. Bagaimanapun juga kebersihan adalah sebagian dari iman. Anda juga bisa mengatur ulang susunan perabot di dalam rumah. Suasana baru di dalam rumah pasti akan membuat Anda semakin bersemangat menjalani bulan Ramadan.

4. Bersedekah

Jangan lupa untuk berbagi kepada orang lain di bulan yang suci ini. Bersedekah akan memberi Anda keberkahan dan ketenangan dalam hidup. Anda bisa memberi sedekah dalam bentuk apapun, tinggal disesuaikan dengan kemampuan. Supaya lebih semangat, ajaklah teman-teman atau anggota keluarga lain untuk ikut bersedekah bersama.

5. Berolahraga

Puasa bukan alasan untuk berhenti berolahraga. Justru Anda sangat disarankan untuk melakukan olahraga ringan selama bulan puasa. Anda bisa mencoba jogging, yoga, maupun olahraga lain yang sesuai dengan kemampuan tubuh. Pastikan untuk memilih waktu olahraga yang tepat, misalnya menjelang waktu berbuka atau setelah sahur.

Itulah tadi 5 kegiatan bermanfaat saat bulan puasa yang bisa Anda lakukan. Pilihlah aktivitas yang bisa membuat Anda merasa senang dan bersemangat. Pastikan hal yang Anda lakukan bermanfaat, baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

#BPNRamadan2022
Karunia Sylviany Sambas
Karunia Sylviany Sambas Saya adalah seorang tenaga kesehatan yang suka menulis, membaca dan mempelajari hal-hal baru. Alamat surel: karuniasylvianysambas@gmail.com

Posting Komentar untuk "5 Kegiatan Bermanfaat saat Bulan Puasa"