Panduan Lengkap untuk Optimasi SEO dengan Internal Link

Saat ini membuat konten menjadi pekerjaan bagi banyak orang yang menyenangkan. Jika mengetahui tekniknya, bisa menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan. Salah satu ilmu yang perlu dimiliki adalah strategi atau cara agar konten tersebut tampil di halaman pertama Google. Untuk bisa memahaminya perlu mengetahui panduan lengkap untuk optimasi SEO.

Kenapa perlu melakukan optimasi? Karena dengan optimasi, konten yang dibuat bisa muncul di halaman pertama Google. Dengan demikian berpotensi besar untuk dapat ditemukan oleh banyak pengunjung mesin pencari tersebut. Salah satu caranya dengan memanfaatkan internal link.

Pengertian Internal Link

Seperti namanya, internal link merupakan link dari dalam. Secara rinci istilah internal link berarti tautan artikel yang berasal dari dalam website. Sebaliknya eksternal link merupakan tautan yang berasal dari link website lainnya.

Tujuan penggunaan internal link untuk meningkatkan domain authority. Adanya internal link menunjukkan bahwa antara satu artikel dengan lainnya berkaitan. Peran internal link cukup banyak. antara lain meningkatkan waktu kunjungan visitor ke website, meningkatkan jumlah halaman yang dikunjungi dan mendukung SEO on page.

Panduan Lengkap untuk Optimasi SEO, Apa Saja yang Perlu Dilakukan

cara optimasi seo
sumber: https://pixabay.com/photos/computer-office-laptop-desk-4484282/

Bagi orang yang masih awam, untuk mengetahui algoritma Google cukup sulit. Hal ini yang membuat banyak konten kreator putus atau tidak melanjutkan pekerjaannya. Padahal jika memahami, dapat menjadi sumber penghasilan yang signifikan.

Hal ini berkaitan dengan kemampuan dalam bidang SEO. SEO atau Search Engine Optimization merupakan cara untuk mengoptimalkan mesin penelusur. Dengan demikian konten akan mudah bertemu dengan orang yang mencari informasi terkait. Setiap konten kreator membutuhkan kemampuan untuk melakukan optimasi. Berikut beberapa caranya:

1. Membuat banyak konten berhubungan

Sebuah website yang memuat banyak konten saling berhubungan akan memudahkan Google untuk mensupportnya agar menjadi prioritas. Kekuatan konten yang saling berhubungan sangat besar. secara teknis penulis bisa menggunakan keyword tanam. Istilah ini berarti keyword yang banyak digunakan dalam satu buah website untuk berbagai artikel yang berkaitan.

2. Buat link ke halaman yang relevan

Setelah menyiapkan banyak artikel berkaitan, saatnya mengaitkan dengan tulisan terbaru. Hal ini akan mendorong pembaca untuk tertarik mengunjungi halaman lain agar mendapatkan informasi yang lebih detail.

Cara ini dapat meningkatkan jumlah klik yang secara langsung menambah performa website. Namun ketika membuat internal link harus berhati-hati. jika salah dalam menautkan ke artikel yang tidak berkaitan dapat memperburuk SEO.

3. Memasukkan anchor teks

Anchor teks merupakan potongan teks yang mengandung link. Untuk membuatnya pun tidak boleh sembarangan. Agar mendukung SEO, kaitkan anchor teks pada kata kunci yang relevan. Dengan mengaitkan pada kata kunci akan membuat kualitas Website meningkat. Cara ini dapat membantu Google dan pengunjung website dapat memahami isinya.

4. Pasang internal link dalam jumlah cukup

Untuk meningkatkan performa website banyak yang menautkan internal link dalam jumlah banyak. Sebenarnya tidak ada ketentuan pasti mengenai banyaknya tautan yang diperbolehkan. Namun kadang terlalu berlebihan dan karena artikel yang relevan tidak banyak, akhirnya menautkan tulisan yang tidak ada hubungannya.

Hal ini tidak akan meningkatkan kualitas website dari segi SEO, justru malah merugikan karena Google tidak mau melirik atau merekomendasikan pada halaman pertama. Jumlah artikel dapat menyesuaikan dengan panjang tulisan. Semakin panjang, jumlah link yang dapat masuk lebih banyak.

Panduan Lengkap untuk Optimasi SEO sebenarnya cukup mudah untuk diterapkan. Dengan beberapa teknik sederhana konten akan mudah muncul pada halaman utama. Cara ini dapat mendorongnya untuk mendapatkan lebih banyak pembaca sehingga performa website meningkat.

Sumber:
https://coriate.com/panduan-lengkap-cara-optimasi-seo-on-page-untuk-pemula/
https://marketingonline.id/on-page-seo/
https://developers.google.com/search/docs/beginner/seo-starter-guide?hl=id
Karunia Sylviany Sambas
Karunia Sylviany Sambas Saya adalah seorang tenaga kesehatan yang suka menulis, membaca dan mempelajari hal-hal baru. Alamat surel: karuniasylvianysambas@gmail.com

Posting Komentar untuk "Panduan Lengkap untuk Optimasi SEO dengan Internal Link "