Tip Jitu Cara Membuat Artikel SEO

Ketika mulai terjun ke dunia blogger beberapa tahun yang lalu, pikiran saya hanya tertuju pada satu hal. Bagaimana cara mengisi konten blog secara konsisten? Bagaimana agar tampilan blog terlihat menarik? Kemudian banyak kelas blog bermunculan dan menyadarkan, bahwa ada yang disebut SEO dalam artikel. Teknik ini bertujuan agar tulisan yang dihasilkan bisa mendatangkan lebih banyak manfaat. Bagaimana cara membuat artikel SEO?

Apa itu SEO dalam artikel?

SEO adalah akronim dari Search Engine Optimization. Dengan melakukan optimasi pada tulisan di blog, maka laman pencari akan menampilkan artikel sobat di halaman awal. Sama seperti kebiasaan kita sendiri yang cenderung hanya berlabuh pada tulisan di halaman awal, pun demikian dengan pembaca lain. Jika blog kita nangkring pada halaman ke sekian, bagaimana bisa mendapatkan pembaca? Bisa jadi tulisan sobat yang bermanfaat menjadi sia-sia belaka. Sangat disayangkan, bukan?

Bagaimana langkah-langkah cara membuat artikel SEO?

cara membuat artikel seo friendly

Sebelumnya, saya ingin menyampaikan, bahwa bahan tulisan yang saya buat ini merupakan intisari dari pembelajaran di kelas optimasi artikel bersama Mba Malica Ahmad dan Joeragan Artikel. Penulisan artikel ini juga sudah seizin kedua belah pihak, ya.

Melakukan riset kata kunci

Saat ini sudah banyak tools yang menyediakan layanan riset kata kunci. Sebut saja Ubersuggest, Ahrefs, Moz, GSC, Google Trends, dan masih banyak lagi tentunya. Tools ini menyediakan layanan gratis dan berbayar. Tentunya ada manfaat lebih jika menggunakan layanan berbayar.

Kata kunci yang tepat akan membawa tulisan sobat sampai pada pembaca yang tepat pula. Misalnya dengan membuat tulisan dengan keyword bersifat informatif yang dimulai dengan kata cara. Kita sendiri sering menggunakan awalan cara di laman mesin pencari. Pun demikian dengan kebiasaan orang lain. Maka mau tidak mau, agar traffic blog meningkat, melakukan riset kata kunci adalah suatu keharusan sebelum proses penulisan.

Melakukan fokus perhatian pada aspek keyword di url, judul artikel, meta deskripsi dan backlink

Url adalah alamat ketika postingan blog dibuat. Tulislah url yang tepat sesuai kata kunci.

Menurut SEO META in 1 CLICK, judul terdiri dari 30 - 65 karakter, sedangkan menurut Screaming Frog, judul artikel maksimal terdiri dari 60 karakter. Jangan bingung, cukup fokus pada satu tolls ketika melakukan audit blog.

Isilah meta deskripsi dengan keterangan yang memberikan gambaran pada isi artikel. Maksimal 150 karakter. Oleh sebab itu, fokus pada kata kunci sangat perlu dilakukan agar meta deskripsi menampilkan informasi yang jelas.

Backlink berkaitan dengan sejauh mana artikel sobat bisa menjadi referensi bagi blogger lain. Mereka bisa menautkan alamat blog pada website mereka.

Backlink juga berkaitan dengan kita yang ingin mencantumkan referensi terhadap artikel yang kita bahas. Misalnya, kita menulis tentang artikel kesehatan. Adalah suatu hal yang bisa menambah kepercayaan terhadap artikel blog apabila kita menyebutkan sumber dari halodoc, alodokter, sehatq, dan lain sebagainya.

Pengunjung adalah raja, jaga loyalitas mereka selalu terjaga

Apakah sobat pernah menuliskan satu kata kunci di kolom pencarian? Misalnya, cara merawat kulit kering. Kemudian, sobat mendapatkan solusi jitu dari sebuah artikel. Eh, keesokan harinya ada salah seorang teman yang mengalami masalah serupa. Lantas, sobat akan merekomendasikan artikel pemberi solusi tadi.

Begitulah seterusnya promosi artikel sobat secara tidak langsung terjadi. Sobat tak harus mempromosikan secara terus menerus. Biarkan artikel sobat menemui pembaca. Ya, cara kerja SEO seunik itu. Ia bisa leluasa bekerja meskipun sang pemilik blog sedang bermimpi indah.

Review Kelas Optimasi Artikel bersama Malica Ahmad

Alhamdulillah, kelas yang info kelasnya secara tak sengaja saya lihat di status WA sang mentor berhasil menggugah hati untuk ikutan. Belajar dengan Mba Malica sekaligus bekerja sama dengan beliau di beberapa kelas sebenarnya sudah lama saya lakoni. Saya dan beliau juga beberapa kali terlibat job blogger yang sama. Namun, dasar saya seorang yang haus ilmu. Nggak ada salahnya belajar terus. Selagi masih ada piti, waktu, dan kesempatan. Saya juga dapat diskon karena ambil paket kelas. Wuih, memang seru kelasnya Joeragan Artikel ini.

Di sini saya mau review kelas yang berlangsung cukup kondusif. Mba Malica juga memberikan materi tak hanya dengan salindia tetapi juga voice note. Terkadang juga tampilan video singkat untuk mempermudah pemahaman peserta.

Para peserta juga mengikuti dengan cukup antusias. Bagi yang mungkin sudah pernah mendapatkan materi di kelas seblumnya, belajar dengan Mba Malica seolah me-refresh kembali ingatan. Bagi yang baru mendapatkan materi, tentunya bisa mengikuti dengan tanya jawab interaktif via WAG.

Secara keseluruhan kelas sangat memudahkan peserta dalam pemahaman materi. Sedikit masukan, yang alhamdulillah sudah dibenahi di kelas selanjutnya adalah adanya pemisahan antara grup materi dan diskusi. Ya, karena diskusi berlangsung cukup padat, bagi yang terlambat ikutan akan mengalami scrolling cukup jauh. Bisa-bisa mata lelah dahulu padahal materi yang dicari belum ketemu.

Asyiknya belajar cara membuat artikel SEO bersama Mba Malica Ahmad dan Joeragan Artikel. Kalian pernah ikutan? Atau berminat ikutan setelah membaca sedikit ulasan di sini? Yuk, bagikan jawaban kalian di kolom komentar! Siapa tau akan ada kelas yang sama di waktu mendatang!
Karunia Sylviany Sambas
Karunia Sylviany Sambas Saya adalah seorang tenaga kesehatan yang suka menulis, membaca dan mempelajari hal-hal baru. Alamat surel: karuniasylvianysambas@gmail.com Selain di sini, saya juga menulis di Rekam Jejak Sang Pemimpi, Ketika Jejakku Menginspirasimu, Berlayar & Menambatkan Impian, Meniti Jembatan Impian, Jejak Inspirasi Sylviany, Cakrawala Baca Sylvia

Posting Komentar untuk "Tip Jitu Cara Membuat Artikel SEO"